Berikan Daging Qurban Kepada Yang Berhak

Menerima daging kurban pada hari raya Idul Adha merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi umat Islam. Apalagi bagi sebagian orang yang memang benar-benar tidak mampu, mendapatkan daging kurban adalah sebuah rizki yang besar. Bisa dikatakan mereka bisa makan dengan lauk daging Sapi atau Kambing setahun sekali.

Namun siapa sangka jika kebahagiaan ataupun rasa sukur itu kadang-kadang terlalu berlebihan dikalangan warga dan memunculkan sifat serakah dalam diri orang tersebut. Lihat saja ataupun anda pernah mendengar dari tetangga anda, jika saat penyembelihan hewan qurban selalu ada saja ketidakjujuran yang muncul dalam diri seseorang.

Hewan Qurban biasanya dikelola oleh sebuah panitia. Dengan bersama-sama dan saling bahu membahu antara laki-laki ataupun perempuan untuk mengelola daging qurban tersebut. Namun setelah selesai ada beberapa orang yang menceritakan kalau tadi ia melihat salah seorang warga mengambil sebagian daging qurban tanpa meminta ijin kepada panitia yang diserahi tanggungjawab oleh orang yang berkurban untuk mengelola dan membagikannya kepada orang yang berhak menerimanya. Padahal orang yang mengambil tadi sudah menerima jatah sendiri dari panitia.

Jika orang yang mengambil tadi berfikir sehat bahwa masih ada sebagian diantara kita yang sangat sekali membutuhkan daging qurban tersebut tentu ia tidak akan melakukan hal tersebut. Lepas dari lemahnya pengelolaan yang dilakukan oleh panitia, namun kesadaran dari umat Islam untuk tidak terlalu berlebihan tentu jauh lebih penting ketimbang menumpuk-numpuk daging qurban yang berakibat pada menelantarkan daging qurban hingga terbuang dengan sia-sia.

Memberikan daging qurban kepada yang lebih berhak akan menjadikan Hari Raya Idul Adha jauh lebih bermakna.

About these ads
Komentar tulisan or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: