Gelar Buka Puasa Bersama Dalam Nuansa Perbedaan

Mereka semua duduk bersama tanpa ada sekat dan perbedaan yang menghalangi pada acara buka puasa bersama beberapa pecan yang lalu tepatnya hari Jumat (19/ 08)2011. Dengan penuh gembira mereka mendengarkan alunan musik yang dibawakan baik dari kalangan komunitas Muslim maupun dari non muslim. Kebersamaan itu Nampak sekali dalam acara Buka Puasa Bersama di SMP Pius Bahkti Utama Kebumen. Acara ini merupakan agenda tetap Osis SMP Pius Kebumen setiap Bulan Ramadlan. Pada kali ini panitia mengambil tema “ Meningkatkan Taqwa dihadapan Allah Dan Manusia”.

“ Kami berkumpul bersama disini selain untuk berbuka puasa bersama juga untuk melatih diri kita memiliki sifat menghormati dan menghargai dengan orang lain dengan perbedaan yang dimiliki termasuk berbeda agama “. Ungkap Fajar salah seorang siswa yang menjadi MC pada acara pentas seni kreatifitas sebelum waktu berbuka puasa tiba.

Selain pentas seni kreatifitas siswa –siswi dalam rangkaian acara buka puasa tersebut, bimbingan Rohani juga tersajikan bagi semua siswa dan siswi menurut agama dan keyakinan mereka masing-masing. secara terpisah setiap kalangan baik dari Muslim maupun non muslim didampingi oleh satu pembimbing yang memberikan ceramah keagamaan.

Banyak peserta dari kalangan Muslim dan non Muslim yang mengenyam di lembaga pendidikan Katholik ini. Tidak hanya dari kalangan siswa beberapa guru juga ada yang berasal dari kalangan Muslim. Sebagaimana yang dikatakan oleh bapak Harjiyanto salah satu staf Guru mengatakan “Bahwa penanaman nilai-nilai untuk saling menghormati dan menghargai terhadap sesama dan juga terhadap perbedaan agama adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan anak-anak kedepan. Ketika sejak dini mereka sudah ditanamkan sikap tersebut maka kedepan mereka akan bisa bersikap bijaksana dengan segala perbedaan yang ada.

Dan buka puasa bersama ini merupakan bentuk penghormatan kepada siswa dan guru yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadlan”. Kata laki-laki yang memiliki akun fb dengan sebutan FI Harjiyanto. Setiap hari jumat SMP Pius Bhakti Utama ini menyelenggarakan Bina Iman. Setiap siswa diberikan waktu untuk mata pelajaran Agama dengan satu pembimbing sesuai dengan agama dan keyakinan mereka masing-masing.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: