Berbekal Sepeda Onthel, Demi Hari Tua

semakin ilmu digali maka semakin dalamlah keilmuan seseorang dan ilmu tersebut tidak akan pernah habisnya. Begitulah pesan dari guru ngaji saya sewaktu masih kecil. Kemudian guru ngaji saya itu menambahkan jika kewajiban seseorang untuk mencari dan menggali ilmu itu tidak ada batasannya. Jika engkau berhenti melangkah untuk mencari ilmu, maka disitulah terakhir kamu mendapatkan ilmumu.

seperti yang ada dalam gambar  seorang kakek dengan menuntun sepeda kumbangnya di sore hari. Ia baru saja selesai mengaji di sebuah Masjid di perkotaan Kota Kebumen Jawa Tengah. Lebih tepatnya di Masjid Bani Ahmad Kolopaking Kebumen. Setiap sore ia menyempatkan diri untuk belajar mengaji pada seorang kyai di Masjid tersebut.

Jarak dari rumah menuju Masjid Kolopaking ini kurang lebih 10 Km. sebuah jarak yang cukup jauh bagi kakek ini. Namun semangat untuk mengisi hari tuanya dengan belajar mengaji (bandongan) pada seorang kyai adalah suatu teladan yang baik bagi kita semua. Jika proses untuk mencari dan menggali ilmu tidak ada batasnya. Hanya maut saja yang mampu untuk menghentikannya.

Kakeh yang biasa di panggil mbah Somad ini sudah lama mengikuti pengajian di Masjid Kolopaking. ia selalu menyempatkan hadir jika kondisi tubuhnya sehat.  “ Ilmu kuwe ora bisa diukur nganggo banda. Dadio wong sing seneng karo ilmu ojo seneng karo kedunyan kang mukur sifate sementara (Ilmu itu tidak bisa diukur dengan harta. Jadilah manusia yang suka terhadap ilmu jangan suka dengan hal-hal bersifat keduniaan yang hanya bersifat sementara). Begitulah sebuah pesan dari Mbah Somad saat kami duduk santai sambil menikmati semilir angin sore hari di serambi Masjid Kolopaking.

Pembicaraan kami terhenti, karena Mbah Somad harus ngaji bandongan bersama dengan rombongan pengajian yang lain. Aku hanya bisa memandang punggungnya sambil tersenyum penuh dengan bangga berkenalan dengan mbah Somad.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: