Hidup Bersama Nyamuk

Setiap malam saya tidur sendirian di pos penjagaan ini. Atau kalau tidak ya di Musholla sebelah. Karena dekat dengan sampah 

setiap malam nyamuk-nyamuk disini sangat banyak”. Begitulah pengalaman Mbah Dusman penjaga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kebumen, tepatnya di Desa Kraminan Kecamatan Karangsambung, Kebumen.

Usianya sudah 82 Tahun. Mbah Dusman menjadi penjaga Pos TPA sampah Kebumen semenjak tahun 1995, dua tahun setelah TPA tersebut dibangun oleh pemkab Kebumen pada tahun 1993. Setiap harinya Mbah Dusman mengawasi dan mengontrol kendaraan truk-truk yang masuk membawa sampah ke area TPA itu. Sampah-sampah itu berasal dari wilayah kecamatan Prembun, Kuthowinangun dan Kecamatan Kebumen.

menurut penuturannya, Kakek yang sudah memiliki 16 cucu ini bertugas menjadi penjaga Pos TPA seumur hidup. Apabila ia sudah tidak mampu, pekerjaan tersebut bisa diserahkan kepada anak ataupun cucunya. Setiap hari mbah Dusman tidur di Pos penjagaan ataupun di Musholla yang berada di depan pintu masuk TPA. Dengan beralaskan tikar ia tidur sendirian.

“ Ya beginilah kalau tidur di tempat dekat pembuangan sampah, setiap tidur selalu saja banyak nyamuk yang menggigit”. Tutur mbah Dusman. Keluhan tentang banyaknya nyamuk sudah ia sampaikan kepada pemerintah dengan meminta diberikan fasilitas berupa obat nyamuk supaya ia bisa tidur nyenyak tiap malamnya.

“Namun hingga sekarang saya tidak pernah diberi obat nyamuk yang katanya akan diberikan”. Tambahnya.

Selain obat nyamuk, mbah Dusman juga berharap pemerintah memberikan fasilitas yang lain yang bisa digunakan untuk kepentingan menjaga kesehatan. Hidup di dekat Tempat Pembuangan Sampah lebih beresiko cepat terserang penyakit. apalagi jika musim penghujan datang, tentu terserang penyakit demam berdarah sangat beresiko.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: