Perempuan Yang Hidup Di TPA Lebih Rentan Penyakit

Ada dua perempuan dalam foto disamping dengan latar belakang daerah penuh dengan sampah. Melihat foto tersebut, orang yang akan melihatnya akan langsung bisa menebak siapa dua perempuan itu. Ya dua perempuan itu merupakan seorang ibu muda dengan anaknya yang masih kecil. Keduanya setiap hari mencari sampah-sampah yang datang dari daerah kota Kebumen untuk di buang di Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Dusun Traminan, Kaligending Karangsambung.

Sampah-sampah yang sudah dikumpulkan itu nantinya akan dijual lagi kepada pengepul sampah yang akan mendatangi lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah tersebut. Selain ibu muda itu juga masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang lain yang mencoba mengais rizki di tempat pembuangan sampah tersebut.
Satu sisi bahwa keberadaan tempat pembuangan sampah mendatangkan rizki bagi beberapa warga setempat, namun disisi lain bahwa keberadaan sampah-sampah itu tanpa disadari juga telah mendatangkan penyakit. Tentu saja sampah-sampah yang sudah membusuk akan mempermudah mengundang lalat, nyamuk dan bakteri yang membawa penyakit.

Penyakit kulit merupakan penyakit yang mudah mengena warga di sekitar lokasi tempat pembuangan sampah. Seperti gatal-gatal, kudis dan kurap. Pemerintah yang dalam hal ini (TPA) sebagai pihak yang memiliki tanggungjawab sudah seharusnya ikut berfikir tentang kondisi masyarakat yang mencoba memanfaatkan sampah-sampah yang ada di TPA. Dengan cara memberikan pengetahuan tentang pemilahan dan pengolahan sampah menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual dipasaran. Selain itu juga adanya upaya pemberian pengetahuan tentang dampak hidup di lokasi TPA serta bagaimana cara mengatasi kendala hidup di daerah pembuangan sampah.

Pengetahuan terkait pemilahan dan pengolahan sampah dan pengetahuan kesehatan bagi warga sekitar terutama bagi perempuan akan memberikan nilai lebih, bukan sekedar mencari –cari sampah di lokasi TPA dengan resiko kesehatan yang tinggi.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • Kang Rimba  On Oktober 17, 2011 at 3:59 pm

    tingkat kerawanan penyakit bagi perempuan sangat tinggi dibandingkan dengan laki-laki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: